Jum'at, 05 Maret 2021 05:39:54 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Beatrice Portinari
Beatrice Portinari (1266-1290) adalah seorang anak manusia biasa yang kemudian menjadi obyek imajinasi luar biasa sehingga identitas dirinya secara tidak adil akan terseret dalam status luar biasanya itu.



Pengunjung hari ini :
Total pengunjung :
Hits hari ini :
Total hits :
Pengunjung Online :
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Renungan: Dipilih, diutus, mengikut Yesus




SocialTwist Tell-a-Friend | |
Jum'at, 04 Desember 2020 12:05:34
Renungan: Dipilih, diutus, mengikut Yesus

*“Dipilih, diutus, mengikut Yesus”*
[Markus 3:13-14; 6:6b-7a]

Kemudian naiklah Yesus ke atas bukit. Ia memanggil orang-orang yang dikehendaki-Nya dan merekapun datang kepada-Nya. Ia menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia dan untuk diutus-Nya memberitakan Injil. Lalu Yesus berjalan keliling dari desa ke desa sambil mengajar. Ia memanggil kedua belas murid itu dan mengutus mereka berdua-dua.

Siapakah (latar belakang) mereka sehingga Yesus memanggil dan memilih mereka? Siapkah mereka untuk diutus Yesus?

Pada waktu Yesus mengutus 12 Rasul, nama yang pertama disebut: Simon Petrus._ Siapa yang bersedia satu tim dengan Petrus? Dia yang kemudian dimarahi Yesus, “Enyahlah Iblis...” (Mar 8:33)? “Batu karang” (Mat 16:18) yang menonjol dan berani (Mar 14:47; Yoh 18:10) yang akhirnya menyangkal Yesus juga (Mar 14:68)?

Apakah Yohanes dan Yakobus (“anak-anak guruh”, Mar 3:17) ngeyel minta jadi satu tim karena mereka bersaudara? Mereka yang kelihatan bersemangat dalam misi Yesus (Luk 9:54)? Mereka yang meminta posisi kepada Yesus (Mar 10:37), akhirnya membuat sepuluh murid yang lain marah kepada mereka (Mar 10:41)?

Siapakah yang bersedia satu tim dengan Tomas? Tomas yang banyak pertimbangan, bahkan cenderung ragu-ragu (Yoh 14:5; 20:22-25, bandingkan dengan Petrus yang cepat bertindak)?

Mungkinkah kedua Simon: Petrus dan orang Zelot menjadi pasangan tim yang diutus Yesus? Mungkinkah Pemungut Cukai_ (bekerja untuk pemerintah penjajah) satu tim dengan Zelot (pejuang kebebasan politik/mati-matian menentang penjajah)?

Dan yang terakhir, siapa yang bersedia satu tim dengan Yudas Iskariot? Yudas Iskariot yang "dekat" dengan Yesus, yang punya akses penuh ke sumber dana? Yudas Iskariot yang ternyata punya siasat tersembunyi, dan mengkhianati Yesus? Yudas Iskariot yang akhirnya hidup dengan penyesalan dan mengambil keputusan untuk bunuh diri?

Namun demikian Yesus memilih kedua belas rasul dan mengutus mereka berdua-dua. Mereka bukan hanya diutus, tetapi *harus menyertai dan mengikut Yesus setiap hari*?

Ketika kedua belas Rasul menyertai Yesus, apa yang mereka harus ikuti dari Yesus; setiap saat, setiap hari? Apakah hanya aktivitas perjalanan-Nya saja? Bagaimana dengan sikap dan tindakan Yesus dalam setiap situasi dan kondisi? Bagaimana dengan hati Yesus dan perhatian-Nya kepada semua orang dan golongan, dan kepada mereka juga? Bagaimana dengan semua perkataan dan karakter Yesus? Bagaimana dengan relasi dan ketaatan-Nya kepada Bapa? Bagaimana dengan Yesus yang fokus dan setia sampai akhir mengerjakan misi-Nya (salib)?

Jadi mengapa Yesus memilih dan mengutus kedua belas rasul tersebut dalam misi-Nya? Bagaimana Yesus melakukannya? Bagaimana kedua belas rasul harus mengikut Yesus setiap harinya? Bagaimana hal ini mengubahkan kedua belas rasul? _Bagaimana hal ini Saudara kerjakan dalam hidup Saudara:_ *dipilih, diutus dan mengikut Yesus?*
Tuhan Yesus Kristus memberkati.🙏
(erd2020)

dilihat : 73 kali


   
Copyright © 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution