Sabtu, 16 Januari 2021 04:03:39 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Beatrice Portinari
Beatrice Portinari (1266-1290) adalah seorang anak manusia biasa yang kemudian menjadi obyek imajinasi luar biasa sehingga identitas dirinya secara tidak adil akan terseret dalam status luar biasanya itu.



Pengunjung hari ini :
Total pengunjung :
Hits hari ini :
Total hits :
Pengunjung Online :
Situs Berita Kristen PLewi.Net -BAMAG Surabaya Sepakat Bersama Akan Bangun Kota Surabaya




SocialTwist Tell-a-Friend | |
Kamis, 26 November 2020 08:05:39
BAMAG Surabaya Sepakat Bersama Akan Bangun Kota Surabaya

Surabaya,pustakalewi.com - Badan Musyawarah Antara Gereja (Bamag) Kota Surabaya kembali mengadakan pertemuan dengan Eri Cahyadi Calon Wali Kota Surabaya Nomor Urut 1 di Surabaya, Senin (23/11/2020) kemarin.

Ketua Umum Bamag Surabaya Pendeta M Sudhi Dharma mengatakan pertemuan dengan Eri Cahyadi ini adalah kedua kalinya setelah beberapa waktu sebelumnya Eri dan Armuji datang ke kantor Bamag Surabaya.

“Pertama beliau berdua datang ke kantor kami, waktu itu acaranya mendadak, sehingga kami pengurus hanya sebagian kecil yang hadir. Sehingga banyak yang bertanya pada saya, apa tidak bisa diadakan pertemuan lagi?,” ujarnya.

Pada pertemuan Senin siang itu, pengurus Bamag yang hadir tergolong lengkap. Termasuk para Koordinator Wilayah dan juga Kepala Bidang organisasi hampir seluruhnya bisa menghadiri pertemuan dengan Eri Cahyadi.

“Pertemuan ini bisa saya kira bisa memuaskan teman-teman Bamag. Masalahnya, Bamag ini adalah wadah bersama seluruh gereja di kota Surabaya. Saya harus memfasilitasi semua pemikiran pengurus,” katanya.

Dalam pertemuan itu, Eri Cahyadi dan para pengurus Bamag melakukan dialog secara intensif. Terutama untuk mendengar visi-misi yang diusung Eri dan Armuji, juga tanya jawab bersama para pengurus Bamag.

“Saya melihatnya tersirat. Dengan mendengar paparan, mendengar penjelasan, mendengar jawaban dan sebagainya, saya kira yang mendengarkan bisa menilai bahwa (Eri) layak sekali jadi wali kota untuk meneruskan program yang sudah bagus ini,” ujarnya.

Sudhi menyatakan bahwa penilaian itu adalah penilaiannya secara pribadi. Dia tegaskan, tujuan pertemuan itu adalah untuk memberi gambaran para pengurus gereja, apa yang akan dikerjakan oleh Paslon Nomor 1 bila terpilih jadi wali kota.

“Bamag ini bukan lembaga politik dan tidak berpolitik praktis. Tidak boleh berpihak. Harus independen. Tetapi dalam soal mendukung kegiatan pemerintah (Pilkada Serentak 2020), harus. Kami serahkan (penilaian) itu kepada masing-masing gereja,” ujarnya.

Eri Cahyadi Calon Wali Kota Surabaya mengatakan, ketika dirinya terpilih nanti menjadi Wali Kota Surabaya melanjutkan Tri Rismaharini, dia akan memastikan bahwa Bamag harus menjadi bagian dari pembangunan kota.

“Karena Kota Surabaya ini adalah “kota toleransi” dari seluruh umat beragama. Tidak hanya kepada Bamag, kepada kawan-kawan Budha dan Hindu yang sempat saya temui saya juga bilang, semua agama harus jadi bagian pembangunan,” ujarnya.

Dia berjanji, ke depan, dia bersama Armuji tidak hanya berhenti pada diskusi dengan umat beragama tapi juga melakukan kegiatan nyata bersama mereka. Misalnya, pada saat perayaan hari besar keagamaan.

“Misalnya ketika Hari Natal, hari besarnya Umat Kristiani, maka pemerintah kota harus hadir di sana. Para muslim juga hadir di sana untuk berbagi. Ketika Idul Fitri, orang kristiani juga berbagi mengeluarkan yang sama,” ujarnya.

Selain itu, dalam pertemuan dengan Bamag, Eri Cahyadi mengeklaim bahwa dirinya dan para pengurus Bamag telah bersepakat bila dia terpilih akan bersama-sama membentuk sebuah wadah tempat bertemunya semua umat beragama.

“Namanya wadah toleransi Di sana ada Muslim, Hindu, Budha, Kristen, semua ada. Intinya satu, semua di Surabaya ini menjaga dan dijaga bersama dalam sebuah wadah, dan wadah itu terbentuk tidak hanya setelah kejadian, tapi ada untuk untuk menjaga kota surabaya,” ujarnya.

Bamag misalnya, dalam pertemuan bersama Eri menyampaikan akan membangun 800 jamban untuk warga Surabaya. Eri mengatakan, kegiatan itu bisa berlangsung setiap tahun melibatkan semua umat beragama di Surabaya.

“Nanti akan dibicarakan, Bamag membangun yang mana, Pemkot yang mana. Amil Zakat Pemkot Surabaya nanti juga akan ambil peran. Kalau bisa seperti itu, kan, bisa tersentuh semua. Inilah kekuatan Kota Surabaya,” ujarnya.

Dia meyakinkan dan memastikan bahwa setiap orang yang beribadah di Kota Surabaya, semua agama, pasti akan melakukan kegiatan sosial seperti itu. Kegiatan masing-masing umat beragama inilah yang akan dia sinergikan.

dilihat : 94 kali


   
Copyright © 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution