Sabtu, 05 Desember 2020 22:24:01 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Beatrice Portinari
Beatrice Portinari (1266-1290) adalah seorang anak manusia biasa yang kemudian menjadi obyek imajinasi luar biasa sehingga identitas dirinya secara tidak adil akan terseret dalam status luar biasanya itu.



Pengunjung hari ini :
Total pengunjung :
Hits hari ini :
Total hits :
Pengunjung Online :
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Presiden Jokowi Resmikan Ruas Jalan Tol Manado-Danowudu Secara Virtual




SocialTwist Tell-a-Friend | |
Selasa, 29 September 2020 18:05:42
Presiden Jokowi Resmikan Ruas Jalan Tol Manado-Danowudu Secara Virtual

Surabaya - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung ruas jalan tol Manado-Danowudu sepanjang 26 kilometer (km). Diharapkan dengan pembangunan jalan tol ini, dapat meningkatkan sektor pariwisata di Pulau Sulawesi.

“Alhamdulillah, jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 km sudah selesai, sudah rampung,” kata Jokowi saat menghadiri acara peresmian jalan tol yang dilakukan secara virtual di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (29/09/2020).

Jokowi mengatakan dengan peresmian ini, maka jalan tol dengan ruas Manado-Danowudu sudah bisa dimanfaatkan masyarakat untuk menunjang kegiatan usaha dan memudahkan transportasi masyarakat.

“Nanti jika seluruh ruas ini bisa selesai, panjangnya mencapai 40 km. Gerbang tolnya hanya ada 9 km atau 12 menit dari Bandara Sam Ratulangi. Jadi sangat cepat sekali,” ujar Jokowi.

Dengan begitu, lanjut Presiden, waktu tempuh perjalanan yang dilakukan masyarakat dari Manado ke Bitung dan sebaliknya menjadi jauh lebih cepat dari sebelumnya. Dulu, sebelum ada jalan tol ini, jarak tempuh Manado-Bitung bisa mencapai 1,5 jam, namun dengan adanya jalan tol ini menjadi hanya 30 menit saja.

“Ini sebuah kecepatan. Perubahan kecepatan yang sangat berubah sekali,” tukas Jokowi.

Seperti diketahui, panjang keseluruhan tol Manado—Bitung adalah 40 kilometer yang dibangun dengan konsep kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Jalan tol ini terdiri atas dua seksi, yakni Seksi 1 Manado—Airmadidi sepanjang (15 km) yang dibangun pemerintah dan Seksi 2 Airmadidi—Bitung (25 km) yang dibangun PT JMB.

Ruas tol yang diresmikan hari adalah ruas Manado-Danowudu sepanjang 26,35 km yang merupakan bagian dari keseluruhan seksi 1 dan sebagian dari seksi 2, yakni 2A (Airmadidi-Danowudu).

Sementara itu, untuk ruas Danowudu—Bitung sepanjang 13,65 km ditargetkan selesai konstruksi pada April 2021. Hingga saat ini progres konstruksinya telah mencapai 77,61 persen dan pembebasan lahan mencapai 99,23 persen.

Jalan tol Manado—Bitung akan memiliki total lima gerbang tol (GT), yakni GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung. Jalan tol ini juga direncanakan memiliki total dua rest area, yang terletak di di STA 3+000 (arah Manado) dan STA 3+500 (arah Bitung).b1/red

dilihat : 75 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution