Kamis, 22 Oktober 2020 20:21:12 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Beatrice Portinari
Beatrice Portinari (1266-1290) adalah seorang anak manusia biasa yang kemudian menjadi obyek imajinasi luar biasa sehingga identitas dirinya secara tidak adil akan terseret dalam status luar biasanya itu.



Pengunjung hari ini : 661
Total pengunjung : 238302
Hits hari ini : 6897
Total hits : 2462862
Pengunjung Online : 7
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Wuling Cortez CT Type L Jadi Varian Termahal




SocialTwist Tell-a-Friend | |
Selasa, 15 September 2020 11:05:13
Wuling Cortez CT Type L Jadi Varian Termahal

Surabaya — Banyak alasan orang untuk memilih kendaraan. Berbagai faktor diajukan tentunya sesuai dengan pendapat masing-masing. Yang jelas konsumen otomotif saat ini makin pintar. Mereka menginginkan uang yang keluar mendapatkan kendaraan dengan kelengkapan selengkap mungkin. Wuling termasuk yang berani menawarkan produk dengan kelengkapan dan harga yang terjangkau.

Di segmen MPV, mereka punya Cortez CT. Tampilan desainnya menarik dengan lekuk elegan penuh gaya. Meski diposisikan sebagai varian tertinggi, harganya tergolong rendah dibanding MPV lain. Dengan tawaran Rp 209 juta sampai Rp 290 juta, Cortez CT mampu membuat kompetitor di segmen mobil keluarga ini harus garuk-garuk kepala tak percaya. Karena banyak kelebihan di mobil ini, yang tak ada di MPV dengan rentang harga sama.

Apa saja kelengkapan yang dimiliknya?

Mesin Turbo dan CVT

Harus diakui Wuling Cortez adalah MPV dengan pilihan mesin yang menarik sejauh ini. Mesin 1.5-liter turbocharged 4 slinder in-line DOHC DVVT hadir sebagai tipe tertinggi, sekaligus terkuat. Unit yang dipakai berasal dari Almaz. Spesifikasinya juga sama. Ditopang induksi turbocharger, mesin kapasitas sekecil 1.451 cc mampu menghasilkan tenaga 140 hp dan torsi 250 Nm.

Mesin turbo pun dipadukan dengan transmisi CVT. Dibandingkan MPV lain di level Rp 200 jutaan yang juga memakai CVT, Cortez punya daya mesin besar. Hal ini tentu membuat tarikan Cortez CT lebih kencang. Cortez CT juga punya mode manual di bagian tuas. Pengemudi bisa mengeksplor torsi terbaik di rentang putaran mesin dengan leluasa.

Kabin Lapang

Jika dilihat dari harga, Wuling membanderol Cortez dengan harga yang berada di kelas low MPV dan small MPV. Sedangkan dimensi Cortez, masuk dalam medium MPV. Praktis ia menawarkan kabin selapang medium MPV juga. Tentu tidak ada LMPV yang mampu seluas itu.

Format kursi Cortez CT untuk 7 penumpang. Kursi tengah jenis captain seat adalah bagian paling nyaman untuk diduduki. Baris ketiga jauh dari kata sempit. Penumpang dewasa saja mampu duduk dengan nyaman, apalagi untuk anak-anak. Sisa ruang untuk bagasi juga berlimpah. Akomodasinya melebihi harga yang ditawarkan.

Suspensi Independen

Untuk mendukung kenyamanan, Wuling tak pelit. Cortez CT tipe C dan L dibedakan oleh jenis suspensi belakang. Tipe C masih model semi-independen torsion beam, yang umum digunakan oleh LMPV. Bahkan sampai medium MPV sekalipun masih pakai model itu. Sementara Cortez CT tipe tertinggi pakai suspensi independen double wishbone. Jenis ini pastinya lebih stabil saat bermanuver dibanding torsion beam.

Mengenai kenyamanan bantingan suspensi sama saja. Tergantung dari redaman dan settingan per dipakai. Apa yang ditawarkan Cortez CT pun berbeda dengan MPV lain seharganya. Kenyamanan suspensi Cortez CT juga setaraf medium MPV. Bantingan nyaman dan kestabilannya sangat baik.

Fitur Berlimpah

Varian tertinggi Cortez CT tipe L menjadi bukti sebagai MPV paling berlimpah fitur. Dengan harga Rp 290 juta, tidak ada yang mampu menandinginya. Mulai dari lampu utama LED, captain seat, pengaturan jok elektrik, sunroof, electronic parking brake (EPB), sampai suspensi independen. Semua fitur dimiliki Cortez CT malah setara MPV di harga Rp 400 jutaan.

Apalagi jika bicara soal fitur keamanan, harus diberikan jempol. Berbagai fitur safety aktif dibenamkan Wuling. Tak kurang 22 fitur keamanan yang tercatat, mulai dari fitur standar seperti Dual SRS Airbag yang memberikan perlindungan bagi pengemudi dan penumpang depan. Plus ada tambahan Side Airbags. Kantung udara yang terdapat pada sisi samping baris pertama yang melengkapi efek perlindungan atas pemakaian sabuk pengaman pada pengemudi dan penumpang depan.

Penahan laju bisa diandalkan berkat Front & Rear Disc Brakes. Seluruh roda Cortez CT dilengkapi dengan rem cakram yang memiliki tingkat efisiensi pengereman yang tinggi. Ia dibantu Anti-lock Breaking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Electronic Stability Control (ESC).

Ada Rear parking Camera dimana layar monitor akan menampilkan hasil dari kamera belakang, serta garis pembantu dan posisi sonar yang aktif. Kemudian Emergency Stop Signal (ESS). Saat pengemudi melakukan rem mendadak, sinyal lampu hazard akan secara otomatis berkedip dengan cepat sehingga memberikan peringatan kepada pengemudi dibelakangnya untuk mengurangi risiko tabrakan.

Saat bertemu jalanan menanjak atau turun juga tak perlu khawatir karena Cortez CT dilengkapi Automatic Vehicle Holding (AVH). Fitur ini melakukan pengereman otomatis untuk menjaga mobil tetap berhenti dalam kondisi jalan yang menanjak, menurun ataupun datar tanpa harus menahan pedal rem secara manual. Untuk mengaktifkannya cukup tekan tombol yang berada tepat di bawah EPB.

Bahkan ada beberapa fitur yang bisa disebut cukup unik dan jarang dimiliki MPV sekelasnya. Sebut saja Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Fitur ini menampilan tekanan angin ban dalam satuan Bar dapat dipantau pada layar MID. Sistem akan berkedip jika tekanan ban tidak sesuai, mungkin terlalu tinggi atau atau terlalu rendah. Ini memang bukan fitur baru, tapi biasanya dipasang di sedan atau SUV premium.

Terakhir ada Fatigue Driving Warning. Ini cukup menarik karena fitur ini menampilkan informasi lama waktu berkendara aman sesuai pengaturan yang ditentukan pengemudi. Nantinya akan ada alarm untuk memperingatkan jika pengemudi telah melewati lama waktu tersebut untuk menghindari kelelahan. Semacam asisten pribadi yang mengingatkan kita untuk beristirahat sehingga kondisi badan selalu prima ketika mengemudi.pr/oto/red

dilihat : 45 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution