Senin, 21 September 2020 13:26:56 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Beatrice Portinari
Beatrice Portinari (1266-1290) adalah seorang anak manusia biasa yang kemudian menjadi obyek imajinasi luar biasa sehingga identitas dirinya secara tidak adil akan terseret dalam status luar biasanya itu.



Pengunjung hari ini : 437
Total pengunjung : 218108
Hits hari ini : 4766
Total hits : 2272256
Pengunjung Online : 16
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Marimas Beri Bantuan Satu Unit Mobil Wayang Potehi Keliling




SocialTwist Tell-a-Friend | |
Rabu, 12 Agustus 2020 20:08:22
Marimas Beri Bantuan Satu Unit Mobil Wayang Potehi Keliling

Semarang – Direktur PT. Marimas Putra Kencana (MPK), Harjanto Halim menyerahkan satu unit mobil wayang potehi keliling kepada Toni Harsono selaku Pelestari Budaya Wayang Potehi dari Jombang senilai Rp300 juta.

Dikatakannya, wayang potehi adalah wayang boneka yang terbuat dari kain. Wayang potehi dikenal di lingkungan masyarakat Tionghoa di seluruh Nusantara.

“Kami dari PT. Marimas Putera Kencana memberikan satu unit mobil wayang potehi keliling, dalam rangka mendorong pelestarian warisan budaya wayang potehi,” ujar Harjanto di kantor PT. Marimas Putera Kencana Semarang, Rabu (12/08/2020).

Dikatakannya, wayang potehi memiliki nilai sosial yang tinggi dan menunjukkan arti toleransi yang sebenarnya. Wayang potehi yang akarnya dari masyarakat Tionghoa, ternyata sekarang hampir semua dalangnya sudah bukan orang Tionghoa, tetapi dari orang Jawa.

“Dan mereka malah lebih paham ritual-ritualnyanya potehi dan sejenisnya yang masyarakat Tionghoa sendiri tidak paham,” ungkap Harjanto.

Harjanto berharap mobil wayang potehi keliling ini dapat turut melestarikan budaya yang sebenarnya sudah lama di Indonesia, tetapi belum banyak yang mengenalnya.

Pada kesempatan itu, Toni Harsono menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT. Marimas Putera Kencana atas support mobil wayang potehi keliling yang diberikan.

Toni mengaku, bahwa keinginannya untuk memiliki mobil keliling baru terwujud setelah dirinya bertemu dengan Harjanto.

“Saya bercita-cita keliling Nusantara untuk melestarikan wayang potehi. Kesulitan dari pementasan wayang potehi adalah bongkar pasang panggung yang menghabiskan banyak waktu dan tenaga,” jelasnya.

“Adanya, mobil wayang potehi keliling ini sangat membantu karena tidak perlu bongkar pasang dan bisa berpindah tempat dengan mudah,” tambahnya.

Sebelumnya, Toni sudah menyampaikan ke banyak pengusaha keinginannya memiliki mobil keliling tersebut. Namun Harjanto Halim yang menyambut dengan baik.

“Setelah ada mobil keliling ini, saya berharap bisa keliling baik ke sekolah-sekolah maupun tempat lainnya,” pungkas dia. (Ning/bj)

dilihat : 34 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution