Rabu, 23 September 2020 01:33:46 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Beatrice Portinari
Beatrice Portinari (1266-1290) adalah seorang anak manusia biasa yang kemudian menjadi obyek imajinasi luar biasa sehingga identitas dirinya secara tidak adil akan terseret dalam status luar biasanya itu.



Pengunjung hari ini : 53
Total pengunjung : 218994
Hits hari ini : 163
Total hits : 2280156
Pengunjung Online : 5
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Universitas Ciputra Surabaya Lakukan Pengabdian Masyarakat Melalui Literasi Membaca




SocialTwist Tell-a-Friend | |
Kamis, 06 Februari 2020 14:00:25
Universitas Ciputra Surabaya Lakukan Pengabdian Masyarakat Melalui Literasi Membaca

Surabaya, pustakalewi.com-Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dimulai dengan menjalin kerjasama antara PLAP Program Studi Accounting, Accounting Student Union, Read n Share, dan Program Studi IBM UC. Read n Share melakukan pemilihan lokasi yang dilanjutkan dengan melakukan observasi lokasi dan mengidentifikasi awal permasalahan yang dihadapi oleh SDIT Al Azhaar Wonosalam Jombang Jawa Timur.

Kemudian dilanjutkan dengan mendatangi pengurus sekolah SDIT Al Azhaar Wonosalam Jombang Jawa Timur. Melalui kunjungan tersebut diperoleh permasalahan sesungguhnya yang dihadapi oleh SDIT Al Azhaar Wonosalam Jombang Jawa Timur. Kemudian tim Student Union, Read n Share, dan Pengurus sekolah tersebut melakukan kesepakatan untuk menyelenggarakan acara Pengabdian Kepada Masyarakat yang diadakan di SDIT Al Azhaar Wonosalam Jombang Jawa Timur.

Kegiatan dilaksanakan di SDIT AL AZHAAR Wonosalam, Jombang, Jawa Timur pada hari Sabtu, tanggal 1 Februari 2020. SD tersebut merupakan mitra yang meminta Read and Share dan Program Studi Accounting untuk mengembangkan dan menambah koleksi perpustakaannya. Pihak Read and Share diwakili oleh tiga orang yaitu Theresia Bayu Kumolosari (Ketua Komunitas Read and Share), Maria Goreti Dianasari dan Retno Widyarti (Anggota Komunitas Read and Share).

Para dosen dari Program Studi Akuntansi yang terlibat dalam kegiatan tersebut adalah Maria Assumpta Evi Marlina, Annastasia Filiana Ismawati, Luky Patrisia W, dan Kazia Laturette. Pelaksanaan kegiatan juga melibatkan mahasiswa yang bergabung dalam Student Union (SU) Universitas Ciputra. Mahasiswa yang terlibat adalah Yuliana Pertiwi (ketua SU) yang dibantu oleh anggotanya yaitu Syarine Geannah Sietas, Eveline V. Tjoa, Silvester Dimas Eka, Emelie Vlavorine, Nathaniel Maximilian, Ferrel Filbert Wijaya, Kezia Elizabeth Wonggow, Sylvia Putri Permatasari, dan Rudy Setiawan.

Read and Share, Student Union UC, dan dosen-dosen di Fakultas Manajemen dan Bisnis menyiapkan buku-buku pengetahuan umum yang dapat digunakan oleh para siswa SD tersebut. Total buku yang disumbangkan sebanyak 322 eksemplar. Program Studi Accounting menyiapkan rak buku sebanyak 2 buah.
Sebelum membenahi perpustakaan, dilakukan acara bersama semua siswa untuk meningkatkan literasi membaca buku pengetahuan dan pengenalan cita-cita. Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 10:00 dan diakhiri pada pukul 13:00. Siswa di SD tersebut berjumlah 171 orang yang terdiri dari kelas 1 hingga kelas 6. Acara tersebut diawali dengan pembukaan dari Read and Share dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Nina Agustina (kepala sekolah SD).

Selanjutnya dilakukan Ice Breaking untuk menggugah semangat para siswa. Acara berikutnya disampaikan materi tentang literasi membaca buku dan cita-cita melalui media drama. Drama interaktif terhadap para siswa dilakukan oleh mahasiswa SU. Acara ditutup dengan pemberian hadiah bagi siswa yang aktif dalam acara tersebut. Kegiatan selanjutnya adalah menyiapkan buku dan rak buku untuk melengkapi koleksi perpustakaan. Berikut adalah foto-foto yang diambil selama kegiatan tersebut berlangsung.(ibs)

dilihat : 112 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution