Jum'at, 14 Agustus 2020 09:27:52 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Beatrice Portinari
Beatrice Portinari (1266-1290) adalah seorang anak manusia biasa yang kemudian menjadi obyek imajinasi luar biasa sehingga identitas dirinya secara tidak adil akan terseret dalam status luar biasanya itu.



Pengunjung hari ini : 451
Total pengunjung : 190680
Hits hari ini : 3939
Total hits : 2024887
Pengunjung Online : 15
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Ini Pertolongan Pertama Jika Ponsel Kamu Nyemplung ke Air




SocialTwist Tell-a-Friend | |
Sabtu, 04 Januari 2020 14:11:30
Ini Pertolongan Pertama Jika Ponsel Kamu Nyemplung ke Air

Surabaya - Beberapa ponsel sudah anti air, namun mayoritas sangat rentan terhadap serangan air.

Berikut beberapa tips apabila ponsel Anda tercebur ke dalam air yang mungkin berguna di tengah musim hujan dan bencana banjir saat ini seperti dikutip dari detik.com.

1. Jangan nyalakan ponsel

Salah satu yang harus Anda lakukan ketika ponsel tercebur ke dalam air adalah dengan langsung mematikan perangkat. Jangan coba menghidupkannya kembali, karena komponen di dalam ponsel memiliki aliran listrik melalui baterai. Listrik sangat tidak bersahabat dengan air. Jika dibiarkan hidup, maka komponen lain dari ponsel akan perlahan rusak.

2. Buka seluruh penutup ponsel

Selanjutnya Anda harus membuka seluruh penutup ponsel seperti jelly case atau penutup casing belakang (bagi ponsel yang masih menggunakan baterai non tanam). Keluarkan juga kartu sim dan kartu memori eksternal. Jika Anda memiliki pengalaman, silakan buka semua bagian ponsel agar air dapat mengering lebih cepat.

Namun Anda harus berhati-hati ketika membuka seluruh komponen ponsel. Jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan, hal ini dapat menyebabkan lebih banyak kerugian dibanding mengembalikan ponsel Anda ke kondisi semula.

3. Masukan ponsel Anda ke dalam beras

Beras memiliki daya serap tinggi terhadap air. Ambil beras secukupnya ke dalam wadah kemudian masukan ponsel basah Anda ke dalamnya lalu diamkan selama 24 jam. Apabila setelah itu ponsel Anda masih bermasalah, segera masukan kembali ke dalam beras untuk 24 jam berikutnya. Maka ponsel Anda akan berfungsi kembali.

4. Gunakan Silica Gel

Silica Gel terkenal sebagai zat penyerap lembab yang baik. Anda dapat mencoba menggunakan benda ini dengan cara yang sama seperti menggunakan beras.

5. Jangan pakai hair dryer atau jemur ponsel di bawah sinar matahari langsung

Cara ini mungkin terlihat instan dan menjanjikan dalam proses pengeringan ponsel Anda. Namun perlu Anda ketahui, suhu yang tinggi dapat merusak sebagian komponen dari ponsel Anda. Hal ini justru akan membuat ponsel Anda bermasalah di kemudian hari.

(Red)

dilihat : 133 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution