Kamis, 23 Januari 2020 18:30:13 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Perkembangan Peer to Peer Lending di Indonesia
Perkembangan Peer2Peer Lending (P2P Lending), pinjam meminjam berbasis aplikasi makin subur di Indonesia. Tapi kehadirannya tentu akan menimbulkan konsekuensi positif dan negatif.


Pengunjung hari ini : 508
Total pengunjung : 20492
Hits hari ini : 3749
Total hits : 584147
Pengunjung Online : 8
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Tanamkan Sadar Pajak Sejak Dini, DJP Jatim Gandeng Puluhan Perguruan Tinggi






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Sabtu, 23 November 2019 08:05:18
Tanamkan Sadar Pajak Sejak Dini, DJP Jatim Gandeng Puluhan Perguruan Tinggi

Surabaya,pustakalewi.com - Kepala Kanwil DJP Jatim I Eka Sila Kusna Jaya mengatakan dunia pendidikan memainkan peran penting untuk menanamkan kesadaran pajak sejak dini. Upaya menanamkan kesadaran itu dimulai dari awal dengan terus konsisten mengedukasi masyarakat. Karenanya DJP menggandeng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi di Indonesia, serta Gerakan Literasi Nasional untuk mendukung program literasi pajak kepada generasi milenial.

Tujuan dari kerjasama itu adalah untuk memperbaiki masalah fundamental pajak. Seperti rendahnya rasio pajak, rendahnya kepatuhan pajak dan belum optimalnya pendapatan pajak perlu adanya upaya menanamkan kesadaran pajak sejak dini. Sarana eduksi menjadi doktrin paling mendasar untuk menciptakan kepercayaan kepada otoritas.

"Pajak bertutur merupakan kegiatan mengajar tentang kesadaran pajak pada semua jenjang pendidikan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Gelaran ini merupakan salah satu rangkaian dari Pekan Inklusi yang diprakarsai oleh DJP."kata Kepala Kanwil DJP Jatim I, Eka Sila Kusna Jaya, Jumat, (22/11).

Pajak Bertutur bertajuk Pendidik Baktimu Tiada Tara di lingkungan Kanwil DJP Jatim I, dihadiri 73 Pimpinan dari Perguruan Tinggi Aktif di Kota Surabaya. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut MoU Menteri Keuangan dengan MenristekDikTi terkait inklusi kesadaran pajak pada perguruan tinggi.

"Edukasi sadar pajak atau pajak bertutur diawali secara serentak di 2.182 sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia pada 11 Agustus 2017. Kegiatan tersebut memecahkan museum rekor Indonesia (MURI) karena diikuti lebih dari 137.459 pelajar mulai dari jenjang SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi."jelas Eka Sila.

Karenanya, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menggandeng para insan pendidikan dalam gelaran Pajak Bertutur yang digelar serentak di seluruh Indonesia. Mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi (PT) semua dirangkul oleh DJP.

DJP tidak sendiri. DJP menggandeng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi di Indonesia, serta Gerakan Literasi Nasional untuk mendukung program ini.

Pada Kegiatan Pajak Bertutur tersebut juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang Edukasi Kesadaran Pajak, antara DJP dan enam perguruan tinggi STIESA, Universitas Pelita Harapan, UPN, UK Widya Mandala, Universitas Narotama, dan Universitas Wijaya Kusuma. Serta penandatanganan pernyataan Dukungan Program Inklusi Sadar Pajak oleh 83 Perguruan Tinggi di Surabaya.

Selain itu dilaksanakan pula pemberian apresiasi kepada 15 perguruan tinggi yang memiliki tax centre sebagai mitra DJP Jatim I.

Pemberian penghargaan kepada dosen paling berkontribusi dalam membantu kinerja DJP yakni Drs Purnomo Lastu dari Politeknik Ubaya, UK Widya Mandala Dian Purnamasari, Drs, Fidiana dari STIESIA, Eko Budi Santoso dari Universitas Ciputra, Firli Ananta dari UPH.

Untuk memudahkan proses pembelajaran, DJP juga telah menyediakan sarana materi yang mudah diakses di microsite edukasi.pajak.go.id.

Tampak hadir dalam kegiatan Bertutur antara lain, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII, Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA, Rektor Wijaya Kusuma Surabaya Prof. H. Sri Harmadji, dr. Sp.THT-KL(K), Rektor Narotama Dr. Arasy Alimudin, SE, MM.mwp

dilihat : 29 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution