Jum'at, 24 Januari 2020 21:10:31 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Perkembangan Peer to Peer Lending di Indonesia
Perkembangan Peer2Peer Lending (P2P Lending), pinjam meminjam berbasis aplikasi makin subur di Indonesia. Tapi kehadirannya tentu akan menimbulkan konsekuensi positif dan negatif.


Pengunjung hari ini : 583
Total pengunjung : 21212
Hits hari ini : 4516
Total hits : 589768
Pengunjung Online : 7
Situs Berita Kristen PLewi.Net -UKWMS Ciptakan Peluang Usaha Melalui Inovasi Minuman Sehat






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Sabtu, 26 Oktober 2019 14:30:34
UKWMS Ciptakan Peluang Usaha Melalui Inovasi Minuman Sehat

Surabaya, Pustakalewi.com-Menciptakan peluang usaha menjadi suatu dambaan semua orang yang menginginkan kesuksesan. Mengingat saat ini telah banyak masyarakat yang merambah pada membuka usaha atau bisnis di berbagai bidang. Sehingga hal itu mendorong adanya persaingan yang ketat karena banyak inovasi atau ide yang muncul diberbagai jenis usaha.
Fakultas Teknologi Pertanian, Program Studi Teknologi Pangan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya melakukan inovasi minuman sehat berbahan tumbuhan local. Kegiatan ini diketuai oleh Dr. Paini Sri Widyawati, S.Si., M.Si., dan anggota adalah Dr. Ir. Susana Ristiarini, M.Si., dan Yesiana DW Werdanai, A.Md., S. Kep., M. Kep, sedangkan mahasiswa yang terlibat adalah Yulius, Irene Novita, Monica Martina, Alfano Yehezkiel melakukan inovasi untuk minuman sehat susu kedelai beluntas bagi masyarakat penderita Diabetes Mellitus(DM).
Program minuman susu kedelai beluntas merupakan hasil pendanaan oleh Hibah Riset Direktorat Riset dan Pengabdian masyarakat (DRPM) Ristekdikti tahun 2018/2019. Program Pendanaan ini berjalan selama 1 tahun.
Dr. Paini Sri Widyawati, S.Si., M.Si.,menjelaskan Keterbatasan pengetahuan mengenai pemanfaatan bahan pangan lokal yang ada, merupakan masalah yang harus diatasi. Idealnya masyarakat Indonesia dapat mengkonsumsi beragam jenis bahan pangan serta perlu memanfaatkan bahan pangan lokal tersebut dengan baik.
“Sari kedelai beluntas saat ini sudah diproduksi ibu Lies dengan merk Emilda Sule. Kata “Sule” merupakan kependekan dari susu kedelai Produksi sari kedelai beluntas menambah varian rasa sari kedelai yang dihasilkan oleh ibu Lies. Pada awalnya susu kedelai yang diproduksi oleh ibu Lies mempunyai varian rasa pandan dan coklat, selain rasa original.” Ungkap Widyawati saat diwawancarai Pl.com, pada
Widyawati menambahkan bahwa Ibu Lies telah memproduksi susu kedelai sejak tahun 2016, Penambahan varian rasa beluntas menjadikan produksi susu kedelai ibu Lies juga bertambah kapasitas produksinya, menjadi sekitar 3 kg kedelai per hari. Uji coba sari kedelai beluntas merupakan bentuk kepedulian ibu Lies terhadap teman-teman dan orang-orang di sekitar tempat tinggal ibu Lies yang banyak menderita DM.
“Berdasarkan respon dari orang-orang yang sudah mencoba sari kedelai beluntas, ibu Lies memproduksi sari kedelai beluntas tersebut dengan rasa manis dari gula xylitol yang aman untuk penderita DM. Rasa manis tersebut tetap diperlukan mengingat seduhan daun beluntas berasa getir dengan aroma langu sehingga berasa seperti jamu dan kurang digemari. Susu kedelai beluntas yang ditambah gula xylitol berasa manis dan menyegarkan sehingga cocok untuk konsumsi minuman sehari-hari baik penderita maupun non penderita DM. “ tandas Widyawati.
Pada kesempatann yang sama ibu Mukholysah Heru selaku Mitra UKWMS menjelaskan saat ini sudah mempunyai mesin pembuat sari kedelai yang terbuat dari bahan stainless steel dengan kapasitas 5 kg per sekali produksi. Mesin ini sangat membantu pekerjaannya dalam memproduksi sari kedelai.
“ kegiatan yang dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa UKWMS ini sangat membantu saya dalam meningkata produksi susu kedalai yang saya buat. Apalagi dibantu dalam inovasi dengan ekstrak beluntas yang dapat menjadi minumat sehat bagi penderita DM” papar Mukholysah.
Pemasaran produk susu kedelai yang diproduksi oleh ibu Lies termasuk yang diperkaya dengan beluntas juga menggunakan media sosial yang akrab di kalangan orang muda saat ini, yaitu dengan menggunakan Instagram. Harga sari kedelai rasa pandan, coklat dan original adalah empat ribu rupiah per botol (220 mL), sedangkan sari kedelai beluntas dijual dengan harga enam ribu rupiah. (mwp)

dilihat : 33 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution