Jum'at, 24 Januari 2020 06:49:29 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Perkembangan Peer to Peer Lending di Indonesia
Perkembangan Peer2Peer Lending (P2P Lending), pinjam meminjam berbasis aplikasi makin subur di Indonesia. Tapi kehadirannya tentu akan menimbulkan konsekuensi positif dan negatif.


Pengunjung hari ini : 238
Total pengunjung : 20865
Hits hari ini : 1292
Total hits : 586544
Pengunjung Online : 9
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Gubernur Khofifah Lantik Dewan Komisaris Dan Direksi Bank Jatim






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Rabu, 30 Oktober 2019 08:05:55
Gubernur Khofifah Lantik Dewan Komisaris Dan Direksi Bank Jatim

Surabaya - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melantik dan mengambil sumpah secara resmi Dewan Komisaris dan direksi PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur (PT Bank BPD Jatim) TBK di Gedung Negara Grahadi Jl Gubernur Suryo Surabaya, Senin (28/10).

Gubernur Jawa Timur Khofifah dalam sambutanya mengatakan, para dewan komisaris dan direksi BPD yang dilantiknya telah melakukan proses fit and proper test dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan assessment dari tim indefendent. Pelantikan ini merupakan hasil terbaik yang dilakukan bersama-sama.

Gubernur memberikan cacatan bahwa Indonesia dan Jawa Timur industri perbankan memiliki peranan yang cukup penting dalam menggerakan dan mengintroduksi serta menginterfensi perekonomian tentunya bagi Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Timur atau Bank Jatim. Bank Jatim tentunya cukup penting untuk mengstimulir bagi pelaku UKM, IKM dan Koperasi di Jawa Timur.

Menurut Gubernur, BPD bagi Jawa Timur diharapkan tidak sekedar bisa menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD) yang signifikan, tetapi juga harus bisa memberikan multiplier efek seperti penyerapan tenaga kerja. Dengan semakin banyak UKM dan IKM digerakkan tentu akan semakin banyak serapan tenaga kerja yang besar oleh para pelaku UKM dan IKM. Pengembangan UKM dan IKM yang diikuti berseiringan dengan ekonomi kreatif menjadi bagian yang penting.

Disamping itu, dengan millennial job center bisa berseiring dengan ikhtiar BPD didalam ekosistem itu, BPD termasuk salah satu dari player. Ketika ada teller, klien dan mentor maka BPD Jawa Timur masuk dalam ekosistem terutama klien. Diharapkan bahwa seluruh hal yang bisa memberikan include produktifitas BPD terutama pada millenial job center bisa dibangun berseiringan lebih signifikan.

Di dalam RAPBD tahun 2020 Millenial Job Center East Java Super Corridor (EJSC) One Pesantren One Product telah masuk dalam kerangka pendanaan. Diharapkan sinergitas dari BPD Jawa Timur bisa berseiring dengan program-program yang memiliki pertumbuhan bagi UKM dan IKM.

Dalam arahannya, Gubernur Khofifiah mengatakan pada sementer 1-2019 pertumbuhan ekonomi Jawa Timur 5,72 persen (y on y) sedangkan nasional 5,05 persen. Diyakininya hal ini juga merupakan peran proaktif yang dilakukan oleh BPD Jawa Timur, sehingga pada semester 1-2019 pertumbuhan ekonomi Jawa Timur melampaui nasional. Sementara Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) pada sementer 1-2019 sebesar Rp 585,287 triliun dengan tiga kontributor utama sektor industri pengolahan 29,76 persen, perdagangan besar eceran, reparasi sepeda motor serta mobil 18,60 persen dan sektor pertanian, kehutanan, perikanan 12,80 persen.

Kemudian laporan dari Disperindag Jawa Timur dari sektor perdagangan ekspor antar wilayah pada semester I-2019 mengalami surplus Rp 44,98 triliun. Hal ini pentingnya sinergitas perwakilan dagang antar wilayah, sehingga nilai ekspor antar wilayah jauh lebih signifikan dari ekspor keluar negeri.

Selanjutnya, realisasi investasi semester 1-2019 sebesar Rp 32,154 triliun hal tersebut didominasi oleh UKM yang menjadi sumber utama pembangunan Jawa Timur di tengah-tengah ekonomi global yang cukup dinamis.

Sementara Dewan Komisaris dan direksi PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur (PT Bank BPD Jatim TBK) yang dilantik berdasarkan keputusan anggota dewan komisioner OJK Nomor Gep ‪186 187 189‬ ‪190‬ ‪191‬/D.03/2019 adalah : Heru Tjahjono sebagai Komisaris, M. Masud Komisaris Indefenden, Erdianto Sigit Cahyono Direktur Kepatuhan Manajemen Resiko, Toni Prasetyo Direktiur Teknologi Informasi dan Operasi dan Husrul Iman Direktur Komersial dan Koorperasi PT Bank BPD Jatim TBK.pr/red

dilihat : 60 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution