Senin, 16 Desember 2019 20:43:49 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Perkembangan Peer to Peer Lending di Indonesia
Perkembangan Peer2Peer Lending (P2P Lending), pinjam meminjam berbasis aplikasi makin subur di Indonesia. Tapi kehadirannya tentu akan menimbulkan konsekuensi positif dan negatif.


Pengunjung hari ini : 80
Total pengunjung : 2413
Hits hari ini : 1324
Total hits : 386071
Pengunjung Online : 6
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Tiga Dosen UK Petra Ajari Warga Eks Lokalisasi Dolly Membatik






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Rabu, 09 Oktober 2019 11:05:06
Tiga Dosen UK Petra Ajari Warga Eks Lokalisasi Dolly Membatik

Surabaya,pustakalewi.com - Tiga dosen Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Kristen Petra (UKP) berhasil mendapatkan hibah sejumlah Rp 41,9 juta dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI). “Melalui mata kuliah Creativepreneurship dan Art and Craft di FSD, kami ingin menjadi salah satu alternatif solusi pemberdayaan warga terdampak eks-lokalisasi Dolly terutama UKM Batik.”, urai Mariana Wibowo, S.Sn., M.MT.

Hibah ini bernama Pendanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat DRPM Kemenristekdikti 2019. Ketiga dosen ini adalah Aniendya Christianna, S.Sn., M.Med.Kom., Mariana Wibowo, S.Sn., M.MT., dan Poppy Firtatwentyna Nilasari, S.T., M.T. Sejak April 2019 setiap seminggu sekali, para dosen ini mengadakan pelatihan pada 10 orang warga eks-lokalisasi Dolly, 5 diantaranya adalah pelaku UKM Batik dan 5 lainnya adalah ibu rumah tangga yang memiliki kemauan belajar.

“Pelatihan ini menghasilkan menghasilkan 10 varian motif batik dan 8 varian desain lampu (lampu gantung, lampu meja dan lampu dinding) yang memanfaatkan batik sebagai kap lampunya.”, ungkap Aniendya Christianna, S.Sn., M.Med.Kom. Motif batik yang dihasilkan memiliki varian yang khas, seperti motif kupu, daun jambu, daun jarak, dan sayur kangkung.

“Kami ingin memberikan pengetahuan dan pengembangan skill kepada pengrajin untuk berinovasi menghasilkan produk kriya maupun produk interior. Sehingga UKM di wilayah Ekslokalisasi Dolly Kelurahan Sawahan ini dapat bertahan ditengah maraknya pasar batik.”, ungkap Poppy Firtatwentyna Nilasari, S.T., M.T.

Kegiatan pelatihan ini menekankan aspek pengembangan kreativitas dalam proses perancangan desain motif batik sampai dengan desain lampu. Dengan berusaha memanfaatkan kain batik diolah menjadi berbagai varian produk yang bernilai ekonomis. Kegiatan ini mendapat banyak dukungan dari Disperindag Kota Surabaya, LPPM, Fakultas Seni Desain Universitas Kristen Petra dan industri lampu yaitu Lightvolution.pr/mwp

dilihat : 34 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution