Selasa, 26 Mei 2020 12:31:42 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Perkembangan Peer to Peer Lending di Indonesia
Perkembangan Peer2Peer Lending (P2P Lending), pinjam meminjam berbasis aplikasi makin subur di Indonesia. Tapi kehadirannya tentu akan menimbulkan konsekuensi positif dan negatif.


Pengunjung hari ini : 669
Total pengunjung : 137359
Hits hari ini : 6159
Total hits : 1412351
Pengunjung Online : 14
Situs Berita Kristen PLewi.Net -ITS Raih Peringkat Empat Terbaik Perguruan Tinggi di Indonesia






SocialTwist Tell-a-Friend | |
Selasa, 20 Agustus 2019 21:08:21
ITS Raih Peringkat Empat Terbaik Perguruan Tinggi di Indonesia

Surabaya,pustakalewi.com - Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). ITS sebagai perguruan tinggi berbadan hukum (PTN-BH) terbaik di Indonesia, berhasil menempati peringkat ke-4 Perguruan Tinggi (PT) terbaik tahun 2019 versi klasterisasi oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Dengan capaian nilai total sebesar 3.462, ITS akhirnya dapat masuk pada jajaran empat besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Sedangkan untuk posisi pertama ditempati Institut Teknologi Bandung (ITB), posisi kedua diisi Universitas Gadjah Mada (UGM), dan ketiga oleh Institut Pertanian Bogor (IPB). Sementara Universitas Indonesia (UI) kali ini berada di bawah ITS di posisi kelima.

Menanggapi prestasi tersebut, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng mengatakan, pada tahun ini proses penilaian dibagi menjadi 4 kelompok besaran yaitu input, proses, output dan outcome.

Pada kelompok input dengan persentase penilaian 15 persen yang dinilai adalah persentase dosen berpendidikan S3, persentase dosen dalam jabatan Lektor Kepala dan Guru Besar, rasio jumlah mahasiswa terhadap dosen, jumlah mahasiswa asing dan jumlah dosen asing.

Untuk kelompok proses dengan jumlah persentase penilaian 25 persen, terdapat aspek pembelajaran daring, kelengkapan laporan PD DIKTI, laporan keuangan, kerjasama perguruan tinggi, akreditasi program studi BAN-PT dan akreditasi institusi BAN-PT.

Sedangkan pada kelompok output dengan besaran 25 persen, ada aspek kinerja kemahasiswaan, jumlah artikel mahasiswa terindeks per dosen, kinerja penelitian, dan jumlah studi terakreditasi internasional.

Terakhir pada kelompok outcome dengan besaran 35 persen yang dinilai adalah aspek kinerja inovasi, jumlah patent per dosen, jumlah sitasi per dosen, kinerja pengabdian kepada masyarakat, dan persentase lulusan yang memperoleh pekerjaan dalam waktu enam bulan.

“Capaian ini merupakan kerja keras dari semua sivitas akademika ITS, baik dosen, staf ataupun mahasiswa semuanya berkontribusi, dan kami sangat bersyukur atas raihan (prestasi, red) ini” tutur Ashari, sapaan akrabnya, dengan wajah penuh syuku, Selasa (20/8).

Menurut Ashari, untuk kualitas kesegala aspek tersebut, ITS sebenarnya sudah tidak diragukan lagi. Katakanlah pada aspek besaran dalam menyimpulkan kontribusi ITS selama ini kepada bangsa, dapat diacu dari kualitas SDM ITS terbukti telah menghasilkan banyak lulusan yang berkualitas dan tokoh-tokoh negeri ini juga banyak berasal dari ITS, sebut saja yang terdekat adalah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Sedangkan dari aspek kelembagaan, pada April lalu ITS mendapatkan penghargaan dari Kemenristekdikti sebagai PTN-BH terbaik pertama di Indonesia.pr/red

dilihat : 105 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution