Minggu, 16 Agustus 2020 00:35:00 | Home | Index Berita | About Us | Statistik | Buku Tamu | Redaksi | Webmail | Login |  

Catatan Ringan

Beatrice Portinari
Beatrice Portinari (1266-1290) adalah seorang anak manusia biasa yang kemudian menjadi obyek imajinasi luar biasa sehingga identitas dirinya secara tidak adil akan terseret dalam status luar biasanya itu.



Pengunjung hari ini : 64
Total pengunjung : 191820
Hits hari ini : 234
Total hits : 2038995
Pengunjung Online : 21
Situs Berita Kristen PLewi.Net -Instagram Kenalkan Filter Komentar Berbau Kebencian hingga Seksual




SocialTwist Tell-a-Friend | |
Kamis, 13 Desember 2018 14:05:04
Instagram Kenalkan Filter Komentar Berbau Kebencian hingga Seksual

Surabaya - Platform populer berbagi foto dan video Instagram punya jurus baru guna menyaring hal negatif. Jurus tersebut berupa penyaring komentar berbahasa Indonesia.

Dalam penjelasan tertulisnya, Kamis (13/12), pihak Instagram menerangkan, perluasan fitur penyaring komentar dalam bahasa Indonesia dibuat dengan teknologi pembelajaran mesin (machine learning). Ini akan secara otomatis akan menyaring komentar yang membuat pengguna merasa tidak nyaman, seperti perundungan (bullying), ujaran kebencian, pelecehan seksual, hingga komentar spam.

“Dengan teknologi ini komentar-komentar yang mengganggu akan secara otomatis disaring dan disembunyikan, sehingga orang tidak dapat melihat atau menyadari keberadaan komentar tersebut,” jelas pihak Instagram.

Kategori pertama yang disaring oleh fitur ini adalah komentar bersifat perundungan atau bullying. Hal tersebut mengacu pada pedoman komunitas Instagram yang melarang keberadaan konten perundungan di Instagram.

Filter ini akan menyaring tingkah laku yang dapat membuat orang merasa tidak nyaman dan bersifat agresif terhadap pengguna lain. Fitur tersebut juga dapat memberikan notifikasi kepada Instagram apabila sebuah akun mem-posting konten agresif berulang kali, sehingga Instagram dapat segera mengambil tindakan untuk menghapus keberadaan akun tersebut.

Selain itu, fitur ini juga dikatakan bakal menyaring komentar yang berkaitan dengan ujaran kebencian atau hate speech, terutama komentar yang mengancam kelompok agama atau etnik tertentu. Dua kategori komentar lainnya yang disaring adalah komentar yang menggunakan bahasa seksual yang ditujukan untuk melecehkan orang lain, serta komentar tidak otentik yang dikenal sebagai spam.

Penyaring komentar merupakan fitur yang tersedia secara otomatis di Instagram. Pengguna dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur dengan mengakses profil, pilih Pengaturan kemudian Kontrol Komentar. Untuk menonaktifkan fitur ini, matikan pilihan Sembunyikan Komentar Ofensif pada pengaturan Kontrol Komentar.

Pihak Instagram juga menyebut bahwa fitur ini dikembangkan guna menemukan dan menyembunyikan komentar yang tidak pantas, juga memungkinkan Instagram untuk melakukan proses peninjauan dan penghapusan komentar maupun konten yang melanggar pedoman komunitas dengan lebih efektif.

Tingkat akurasi fitur penyaring komentar di Instagram diklaim telah mencapai 95 persen dengan pemeriksaan berkelanjutan oleh tim Instagram. Setiap komentar ditinjau oleh tim Instagram setidaknya dua kali sebelum diinput ke dalam machine learning untuk menjamin akurasi.

Fitur penyaring komentar secara otomatis ini pertama kali diperkenalkan pada Oktober 2016 untuk menyaring komentar dalam bahasa Inggris di Feed. Pada Juni 2017, fitur ini diperluas ke dalam delapan bahasa lainnya, yaitu Spanyol, Portugis, Arab, Perancis, Jerman, Rusia, Jepang, dan Mandarin.

Pada Oktober 2018, fitur ini kembali dikembangkan untuk dapat menyaring komentar di Feed, Profil, dan Instagram Live hingga kini fitur filter komentar kembali dikembangkan dan tersedia dalam bahasa Indonesia.tekno/red

dilihat : 506 kali


   
Copyright 2005 Pustakalewi.net
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
hosted and developed by Agiz YL Solution